Makassar Raih Peringkat 3 Kota Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Terbaik




Makassar - Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) meraih peringkat ketiga kategori kota terbaik dalam Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD). Makassar menduduki posisi tersebut dengan perolehan nilai 3,5660 atau status tinggi.
"Alhamdulillah Kota Makassar meraih peringkat ke-3 LPPD 2023 atas penilaian LPPD 2022. Dua Tahun berturut-turut Makassar kembali masuk dalam kategori 10 besar penilaian LPPD," kata Pj Sekda Makassar Firman Hamid Pagarra dalam keterangan tertulisnya, Jumat (19/1/2024).

Prestasi tersebut disampaikan langsung oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Sekjen Kemendagri) Suhajar Diantoro saat menyerahkan SK Mendagri tentang hasil Evaluasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (ELPPD) 2023, terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) 2022 di Jakarta, Kamis (18/1).


SK itu diterima oleh Firman selaku perwakilan Pemkot Makassar. Firman mengatakan torehan tersebut berhasil diraih karena Kota Makassar konsisten berada pada posisi 10 besar penilaian LPPD di dua tahun terakhir.

Firman menjelaskan untuk berada pada peringkat ini, Makassar perlu memenuhi sekitar seratus indikator penilaian yang telah ditentukan oleh Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri. Beberapa indikator tersebut, di antaranya laporan capaian kinerja makro, akuntabilitas kinerja pemerintah, penerapan standar pelayanan minimal, pertanggungjawaban pelaksanaan APBD, informasi keuangan daerah dan indikator lain seperti kebijakan, kelembagaan, dan sumber daya manusia pada otonomi daerah.

"Capaian ini merupakan kerjasama antar OPD dan dukungan masyarakat sehingga prestasi ini dapat diraih oleh Pemerintah Kota Makassar," katanya.

Menurutnya, penghargaan ini akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Maka dari itu, Firman berharap capaian tahun ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan pada tahun mendatang.

Selain penghargaan ini, sebelumnya Makassar pernah meraih Parasamya Purnakarya Nugraha di periode pertama kepemimpinan Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto. Ketika itu Makassar meraih peringkat 10 besar LPPD tiga kali berturut-turut.

"Semoga di masa kepemimpinan periode kedua ini juga meraih kembali Parasamya Purnakarya Nugraha," harapnya.

"Karena hal itu dampaknya kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya warga kawasan lorong pemukiman," pungkasnya.

Berikut 10 besar kota penyelenggaraan pemerintahan tingkat nasional:

1. Surabaya 3,5866

2. Surakarta 3,5718

3. Makassar 3,5660

4. Tangerang 3,5320

5. Semarang 3,5254

6. Medan 3,5095

7. Palembang 3.4541

8. Samarinda 3,4529

9. Kota Metro 3,4465

10. Denpasar 3,4439.


Sumber : https://www.detik.com/sulsel/sulsel-ewako/d-7149645/makassar-raih-peringkat-3-kota-penyelenggaraan-pemerintah-daerah-terbaik



Akses : Jumat, 19 Jan 2024

Berikan Komentarmu

Previous Post Next Post

*Artikel berita yang diposting oleh Skuadron Team EKSPEDISI DP ini adalah rilis berita yang dapat diposting ulang, atau dikutip sebagian atau keseluruhan.


**Untuk pertanggung-jawaban etika jurnalisme, setiap media yang memposting atau mengutip sebagian atau keseluruhan, dapat melakukan pendalaman dan pengembangan berita lebih lanjut, yang bukan merupakan bagian dari tanggung-jawab sebagaimana yang ada dalam artikel ini.