Pemkot Makassar Benahi TPA Antang demi Adipura, Tata Kelola Sampah Diperbaiki



Makassar - Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), membenahi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Antang, Kecamatan Manggala di tengah penilaian Adipura 2024. Pengelolaan sampah di TPA juga turut diperbaiki.
"Kita buka akses pembuangan sampah kurang lebih 100 meter. Kita buatkan landasan dia atas gunungan sampah kurang lebih 30 meter untuk tempat mobilisasinya armada, alat-alat berat, armada pengangkut sampah. Supaya gampang didistribusi sampahnya ke arah belakang," ujar Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Makassar Ferdy Mochtar kepada detikSulsel, Selasa (6/2/2024).

Ferdy mengatakan upaya pembenahan ini merupakan bagian dari upaya DLH untuk terus memperbaiki kualitas TPA di Makassar. Dia menegaskan upaya ini sebagai bentuk ikhtiar agar Kota Makassar bisa meraih piala Adipura.

"Saya kira ini bagian dari program kita terhadap kepedulian lingkungan. Jadi bukan cuma Adipura. Kami memang sudah berbenah untuk pengelolaan TPA. Jadi Adipura ini hanya sebagian dari momentum yang ada," ucapnya.

Ferdy melanjutkan, DLH Makassar juga memperbaiki saluran drainase agar tak mencemari lingkungan masyarakat di sekitarnya. Pembuatan drainase ini penting agar sumber air tanah yang diolah dapat dikonsumsi oleh masyarakat dengan aman.


"Tapi ini bagian program kerja kita yang sudah dilakukan. Kayak pembuatan saluran drainasenya, pengelolaan saluran agar tidak mencemari daerah sekitar TPA," tuturnya.

Ferdy menambahkan sampah organik di TPA Antang juga diolah menjadi pupuk kompos. Gas metan yang timbul dari sampah bahkan turut dimanfaatkan.

"Kemudian kami melakukan produksi kompos yang ada di sana, sehingga dapat memanfaatkan bahan organik sebelum masuk ke TPA, meminimalisir timbunan sampah yang ada di TPA. Kita juga membuat pengolahan gas metan. Kita harap gas metan ini dimanfaatkan oleh warga sekitar," jelasnya.

"Pembenahan tanpa berhenti. Tapi praktis maksimal kita melakukan pembenahan intensif 3 bulan terakhir. Kalau awal pembenahan infrastrukturnya malah mulai dari Maret 2023," terangnya.

"Ini sudah rampung sebenarnya. Tapi kan namanya gunungan sampah kita bentuk di atas, pasti rawan untuk longsor. Dan kita tetap melakukan pembenahan jika ada hal-hal yang diperlukan," pungkasnya.

Sumber : https://www.detik.com/sulsel/makassar/d-7180009/pemkot-makassar-benahi-tpa-antang-demi-adipura-tata-kelola-sampah-diperbaiki.
Akses : Selasa, 06 Feb 2024 

Berikan Komentarmu

Previous Post Next Post

*Artikel berita yang diposting oleh Skuadron Team EKSPEDISI DP ini adalah rilis berita yang dapat diposting ulang, atau dikutip sebagian atau keseluruhan.


**Untuk pertanggung-jawaban etika jurnalisme, setiap media yang memposting atau mengutip sebagian atau keseluruhan, dapat melakukan pendalaman dan pengembangan berita lebih lanjut, yang bukan merupakan bagian dari tanggung-jawab sebagaimana yang ada dalam artikel ini.