Pemerintah bagikan 62 ribu sertifikat tanah di Sulsel, 2 ribu untuk Makassar

Makassar - Ribuan warga di Sulawesi Selatan menerima sertifikat Program Tanah Untuk Rakyat di Gedung Indoor Tennis Telkom, Kamis (28/12) Makassar. Turut hadir Menteri Pertanian Amran Sulaeman didampingi Pangdam VII Hasanuddin, Kapolda Sulsel, Asisten Teritorial Kasat, dan Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan 'Danny' Pomanto.

Amran mewakili Presiden Joko Widodo menyerahkan sertifikat tanah. Presiden Joko Widodo yang tengah berada di Pontianak hanya bisa dihadirkan di Makassar melalui sambungan video teleconference.
"Dengan pemberian sertifikat tanah ini akan mempermudah untuk mengakses kesejahteraan petani di Sulawesi Selatan," kata Amran di hadapan warga penerima sertifikat tanah di Gedung Tenis Indoor PT Telkom Makassar, dikutip dari Antara.
Berdasarkan data Badan Pertanahan Nasional setempat tercatat sebanyak 62.453 sertifikat tanah diberikan kepada masyarakat Sulsel dan diserahkan melalui 12 perwakilan warga dari sekitar 5.000 warga yang hadir pada acara tersebut.
Pada kesempatan itu juga penyerahan sertifikat tanah dilakukan serentak dan saling terhubung di Makassar, Sulawesi Selatan, Palu (Sulawesi Tengah), Pontianak (Kalimantan Barat), Lampung, Jambi, Surabaya (Jawa Timur), dan Palembang (Sumatera Selatan) melalui 'teleconference' secara langsung dengan Presiden Joko Widodo.

Presiden RI, Joko Widodo menargetkan akan ada sebanyak tujuh juta sertifikat akan dibagikan pada tahun 2018 dan sebanyak sembilan juta sertifikat harus dibagikan pada tahun 2019.
"Setelah itu 10 juta, 10 juta, dan 10 juta dan saya tidak mau ditawar. Karena rakyat menunggu. Karena setiap saya ke desa, ke kampung, ke daerah, provinsi, kota kabupaten, keluhannya selalu banyak yang mampir ke telinga saya soal sengketa tanah atau lahan," kata Jokowi.
Untuk Makassar, dibagikan 2.000 sertifikat. Pembagian tersebut sangat diapresiasi oleh Wali Kota Makassar Danny Pomanto.
"Kita sangat berterima kasih atas program ini. Karena ini sangat membantu
warga kami. Urus sertifikat tidak gampang. Tapi ini bukti sinergitas pemerintahan pusat dengan pemerintahan daerah untuk mewujudkan hal ini," ucap Danny.
Kegiatan ini serentak diadakan di tujuh kota yakni Pontianak, Jambi, Lampung, Palembang, Makassar, Palu dan Surabaya. Sedangkan total sertifikat yang dibagikan di tujuh provinsi sebanyak 1.080.950 sertifikat. 
Sumber: https://www.merdeka.com/peristiwa/pemerintah-bagikan-62-ribu-sertifikat-tanah-di-sulsel-2-ribu-untuk-makassar.html


Berikan Komentarmu

Previous Post Next Post

*Artikel berita yang diposting oleh Skuadron Team EKSPEDISI DP ini adalah rilis berita yang dapat diposting ulang, atau dikutip sebagian atau keseluruhan.


**Untuk pertanggung-jawaban etika jurnalisme, setiap media yang memposting atau mengutip sebagian atau keseluruhan, dapat melakukan pendalaman dan pengembangan berita lebih lanjut, yang bukan merupakan bagian dari tanggung-jawab sebagaimana yang ada dalam artikel ini.