Isoman Selama Sepekan di Kapal, 43 Warga Makassar Boleh Pulang Hari Ini

 Warga selesai isoman di KM Umsini diantar pulang menggunakan speed boat. (dok. Istimewa)

Makassar - 

Sebanyak 43 warga Makassar positif COVID-19 yang mengikuti program isolasi mandiri (isoman) di KM Umsini diperbolehkan pulang hari ini. 43 Warga itu dinyatakan negatif COVID-19 setelah mengikuti isoman di kapal selama sepekan lamanya.

Dokter Udin Shaputra Malik yang bertugas di KM Umsini mengatakan, total pasien isoman di KM Umsini sebanyak 116 orang. Pada gelombang sebelumya, sudah ada 18 orang pasien yang sembuh sehingga sudah boleh pulang, dan 98 lainnya masih harus melanjutkan isoman.

98 Orang yang kembali mengikuti isoman di kapal itu kemudian dites PCR lagi, dan 43 di antaranya telah dinyatakan sembuh dan boleh pulang hari ini.

"Sehingga total yang pulang hari ini dari 98 orang pasien di KM Umsini adalah 43 orang," kata dr Udin dalam keterangannya kepada wartawan, Selasa (10/8/2021).

Menurut Udin, pihaknya memang kembali melakukan tes PCR pada 50 orang pasien di KM Umsini pada Senin (10/8). Hasilnya ada 43 orang yang diperbolehkan pulang.

Selanjutnya, kata Udin, pihaknya masih terus berkoordinasi dengan semua puskesmas di Makassar. Warga yang mengalami gejala diminta segera memeriksakan diri ke puskesmas terdekat.

"Kepada warga yang mengalami gejala kami minta segera melaporkan diri ke puskesmas untuk dilakukan tes sehingga Pemkot Makassar bisa memutus mata rantai COVID-19," katanya.

Juru Bicara Makassar Recover, Henni Handayani, menyebut saat ini masih ada 55 pasien yang menjalani isoman di atas KM Umsini. Sementara untuk total 61 yang sudah bisa pulang tersebut akan dibekali dengan sertifikat dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Makassar.

"Yang pulang akan diberikan surat keterangan isolasi dan sertifikat dari Dinas Kesehatan," katanya.

Henni juga mengatakan pihaknya akan lebih mengoptimalkan segala pelayanan di KM Umsini yang mana sebelumnya banyak dikeluhkan pasien isoman karena faktor kenyamanan yang kurang.

"Tim isolasi apung berupaya memberikan pelayanan maksimal sesuai dengan prosedur kesehatan sehingga pasien bisa menjalani isolasi dengan baik," kata Henni.

Seperti diketahui, isoman di KM Umsini mulai resmi beroperasi pada Senin (2/8) lalu. Hingga saat ini, KM Umsini masih akan menampung pasien yang mau melakukan isoman.

Sumber:https://news.detik.com/berita/d-5676935/isoman-selama-sepekan-di-kapal-43-warga-makassar-boleh-pulang-hari-ini

Akses: 10 Agustus 2021

Berikan Komentarmu

Previous Post Next Post

*Artikel berita yang diposting oleh Skuadron Team EKSPEDISI DP ini adalah rilis berita yang dapat diposting ulang, atau dikutip sebagian atau keseluruhan.


**Untuk pertanggung-jawaban etika jurnalisme, setiap media yang memposting atau mengutip sebagian atau keseluruhan, dapat melakukan pendalaman dan pengembangan berita lebih lanjut, yang bukan merupakan bagian dari tanggung-jawab sebagaimana yang ada dalam artikel ini.