Gayung Bersambut Danny-Bahtiar Soal TPI Paotere Dikelola Pemkot Makassar

 




Makassar - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto meminta pengelolaan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Paotere dikembalikan ke Pemkot Makassar. Permintaan itu pun disambut baik Pj Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Bahtiar Baharuddin.
"Begitu (berkunjung ke) pasar kemarin, Paotere, itu pasar hitam namanya itu. Saya kira kita akan diskusi dengan kota. Kalau memang itu lebih efektif dikelola oleh kota, serahkan saja," kata Bahtiar usai sidak di Pasar Panakkukang bersama Danny, Kamis (30/11/2023).

Bahtiar menuturkan, ada beberapa hal yang menjadi penilaian bahwa pasar dikatakan baik. Selain dapat mengendalikan harga komoditas, juga mesti memberikan pelayanan dan fasilitas yang baik ke masyarakat.

"Kalau di sini (Pasar Panakkukang) bersih ini. Saya kira (Pemkot Makassar) mau memberikan pelayanan yang terbaik. Bukan soal harga saja. Jadi soal kenyamanan orang ke pasar, jadi tidak bau, tidak jorok, ada tempat fasilitas umum," tuturnya.

"Saya lihat pasar di Kota Makassar ini memenuhi standar sangat baik dan (bisa jadi) contoh. Bisa juga pelajaran buat saya untuk komunikasikan bagaimana pasar-pasar di Sulsel ini bisa memenuhi standar," terangnya.

Danny Minta TPI Paotere Kembali Dikelola Pemkot Makassar
Pertimbangan Bahtiar mengalihkan pengelolaan TPI Paotere itu tidak terlepas dari permintaan Danny Pomanto untuk kembali memegang pengelolaan. Danny mengaku prihatin dengan kondisi TPI Paotere yang dikelola Pemprov Sulsel.

"Jadi kita prinsipnya pada saat kita tinjau kemarin (bersama Pj Gubernur) kita langsung melakukan permohonan, kami sekaligus permohonan para nelayan. Nelayan ini yang minta supaya dikembalikan ke Pemerintah Kota," kata Danny kepada detikSulsel, Kamis (30/11).


"Pada saat saya berhenti, waktu itu masih ada Pj (Wali Kota), itu diserahkan ke Provinsi semua. Tapi sayangnya telantar, dan sangat telantar," ungkapnya.

Rencana Danny untuk TPI Paotere di halaman selanjutnya.

Danny Mau Jadikan TPI Paotere Pasar Ikan Modern
Danny mengaku Pemkot Makassar siap membuat TPI Paotere menjadi lebih layak. Dia berencana membuat TPI Paotere menjadi pasar ikan modern namun tetap berbasis tradisional.

"Nah sehingga kalau kita dipercayakan kembali kita siap untuk membangun Paotere yang modern tapi berbasis tradisional, berbasis tradisi masyarakat di situ," bebernya.

Bahkan, Danny juga siap menggelontorkan anggaran untuk pembenahan TPI Paotere jika resmi dikelola kembali Pemkot Makassar. Saat ini pihaknya masih menunggu proses penyerahannya jelas.

"Kita siapkan anggaran. Cuma kan yang jelas penyerahannya jelas. Belum ada sampai sekarang. Sudah kita siapkan kemarin, makanya kita ragu-ragu juga," imbuhnya.

Danny menegaskan akan mengakomodir kebutuhan terkini di tempat pelelangan ikan. Salah satunya dengan menyiapkan restoran di lokasi sehingga pengunjung mendapatkan fasilitas baru.

"Kita akan mengakomodir semua kebutuhan terkini daripada tempat pendaratan ikan yang baru. Termasuk model-model yang seperti di luar negeri di mana juga ada restoran di atas yang tertata dengan baik. Tapi berbasis tradisi juga. Kita tidak boleh tinggalkan tradisi nelayan kita," bebernya.

Sumber : https://www.detik.com/sulsel/berita/d-7065858/gayung-bersambut-danny-bahtiar-soal-tpi-paotere-dikelola-pemkot-makassar/2

Akses : Jumat, 01 Des 2023



Berikan Komentarmu

Previous Post Next Post

*Artikel berita yang diposting oleh Skuadron Team EKSPEDISI DP ini adalah rilis berita yang dapat diposting ulang, atau dikutip sebagian atau keseluruhan.


**Untuk pertanggung-jawaban etika jurnalisme, setiap media yang memposting atau mengutip sebagian atau keseluruhan, dapat melakukan pendalaman dan pengembangan berita lebih lanjut, yang bukan merupakan bagian dari tanggung-jawab sebagaimana yang ada dalam artikel ini.