Danny Pomanto Pastikan Perpanjang Program Isolasi Apung

 Danny Pomanto Pastikan Perpanjang Program Isolasi Apung


TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Program isolasi apung KM Umsini, Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, sudah hampir berjalan satu bulan, atau tepatnya pada Kamis (2/9/2021) mendatang.

Wali Kota Makassar, Danny Pomanto memastikan, bakal memperpanjang program tersebut.

Namun, berbeda dari bulan sebelumnya, Danny mengatakan PT Pelni akan menggratiskan sewa kapal.

Sehingga APBD Makassar tak lagi terbebani biaya sewa sebesar Rp 1,5 Miliar.

Rencananya, pada Selasa (31/8/2021) besok, pihaknya bakal menemui Direktur Umum PT Pelni untuk membahas rencana ini.

"Jadi kami perpanjang, menariknya Alhamdulillah seperti yang lain, kita digratiskan. Digratiskan sewa kapalnya Rp 1,5 miliar," ujar Danny saat ditemui, Senin (30/8/2021).

Danny mengatakan, untuk biaya makannya masih menjadi tanggungjawab pemerintah kota.

"Tapi makanannya tetap kita. Kalau tempat lain kan makanannya sudah ditanggung. Besok pak Dirut pelni ketemu saya di Makassar," lanjutnya.

Lebih Lanjut, kata Danny, saat ini peserta isolasi apung sudah hampir mencapai 250 orang, atau tepatnya 235 orang.

"Sekarang sudah hampir 250 orang yang dirawat di kapal, yang sembuh sudah hampir semuanya," katanya

"Cuman yang awalnya dua aja tu yang sempat masuk ICU. Tapi memang waktu masuk saturasinya rendah, tapi sembuh juga," tutupnya

Sementara, Juru Bicara Makassar Recover Henni Handayani mengatakan, saat ini jumlah pasien yang masih melakukan isolasi apung, sebanyak 44 orang.

"Totalnya sejak Umsini beroperasi sebagai pusat isolasi apung terpadu. Sudah diisi 235 pasien. On board saat ini di Umsini ada 44 orang," ujar Henni.

Terkait masih minimnya pasien isolasi apung, Henni mengatakan, hal ini tak lepas dari peran aparat pemerintah di tingkat bawah, yaitu lurah.

Sebab ia menilai, jika lurah diyakini mengetahui persis kondisi warganya.

"Sehingga memang sudah menjadi tugasnya, yaitu mengedukasi warga agar mau menjalani isolasi. Agar tidak menularkan ke orang sehat," terangnya.

Menurutnya, dengan merujuk Orang Tanpa Gejala (OTG) ke isolasi apung, maka akan menekN angka positivity rate di tingkat kelurahan, bahkan RT.

"Saya pikir langkah itu sudah tepat karena memang semua elemen harus pro aktif memerangi pandemi. Sedikit itu satu, kalau perlu lebih dari itu," ucapnya.

Henni menjelaskan, saat ini ada lebih dari 2 ribu OTG di Makassar, namun saat ini baru sekitar 200 orang yang melakukan isolasi.

"Semestinya mereia melakukan isolasi dan sebaiknya tidak berkeliaran. Karena bagaimana jika mereka menularkannya ke orang yang memiliki kormobid. Hal tersebut justru akan memperparah kondisi," tutupnya.

Laporan Wartawan Tribun Timur M Ikhsan

Sumber:https://makassar.tribunnews.com/2021/08/30/danny-pomanto-pastikan-panjang-program-isolasi-apung?page=2

Akses: 30 Agustus 2021

Berikan Komentarmu

Previous Post Next Post

*Artikel berita yang diposting oleh Skuadron Team EKSPEDISI DP ini adalah rilis berita yang dapat diposting ulang, atau dikutip sebagian atau keseluruhan.


**Untuk pertanggung-jawaban etika jurnalisme, setiap media yang memposting atau mengutip sebagian atau keseluruhan, dapat melakukan pendalaman dan pengembangan berita lebih lanjut, yang bukan merupakan bagian dari tanggung-jawab sebagaimana yang ada dalam artikel ini.