Walkot Makassar Akan Isolasi Pasien COVID-19 di Atas Kapal

 Wali Kota Makassar Danny Pomanto (Ibnu Munsir/detikcom).


Makassar - Wali Kota Makassar Ramdhan 'Danny' Pomanto akan menyiapkan tempat isolasi mandiri warga terpapar COVID-19 di atas kapal di Laut Makassar. Kebijakan ini untuk menekan laju penularan COVID-19 di Makassar.

"Jadi setelah tim rapat dan berdiskusi tentang beberapa ide model isolasi mandiri, salah satu yang dihasilkan dari rapat itu adalah ide tentang isolasi mandiri apung, di atas kapal," kata Wali Kota Makassar Danny Pomanto saat ditemui di rumah pribadinya, Jalan Amirullah, Selasa (6/7/2021).

Rencananya, Pemerintah Kota Makassar akan menggunakan kapal Pelni yang dapat menampung 2.000 orang. Hanya, Danny akan terlebih dahulu meminta izin kepada Kementerian Perhubungan terkait penggunaan kapal Pelni.

"Yang pertama kapal-kapal Pelni yang besar itu kapasitasnya 2.000 orang, nah kapasitas kecil itu 1.000 orang. Kalau 2.000 orang sama dengan 10 hotel besar yang tersebar, pasti kalau kapal ini, cuma satu kapal yang kita butuhkan, di depan Pantai Losari itu bisa menampung 2.000 tempat tidur," terangnya.

"Sehingga kami mengusulkan ke Menteri Perhubungan, setelah mencari dan mengontak Pelni setempat dan Menteri Perhubungan, kami akan membikin surat, kami mohon, siapa tahu ada kapal-kapal yang tidak produktif lagi, bisa dipakai isolasi mandiri per bulan. Kalau oke, mungkin kalau per bulan kita bisa perpanjang sekaligus, menjadi kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah," tambahnya.

Nantinya, pasien COVID-19 yang melakukan isolasi mandiri di atas kapal dilakukan dengan penanganan maksimal. Mereka dibuat senang dengan mengikuti program fun agar imunitasnya bisa naik.

"Di situ isolasi, sekaligus dibimbing, diobati di situ, kemudian sambil memperkuat imun, banyak kegiatan, bisa di atas dek (kapal) dia olahraga, berjemur, bisa memancing untuk menyenangkan hati, untuk dapat imun," katanya.

Selain itu, lanjut Danny, pasien isolasi mandiri di atas kapal juga bisa menikmati wisata menyaksikan pulau-pulau di sekitar Makassar dari atas kapal.

"Jadi ide isolasi mandiri apung itu di atas kapal, mudah-mudahan bisa terwujud. Kami akan segera menulis surat untuk memohon petunjuk dan memohon izin dari Kementerian (Perhubungan)," tambahnya.

(nvl/nvl)

Sumber:https://news.detik.com/berita/d-5633192/walkot-makassar-akan-isolasi-pasien-covid-19-di-atas-kapal

Akses: 6 Juli 2021

Berikan Komentarmu

Previous Post Next Post

*Artikel berita yang diposting oleh Skuadron Team EKSPEDISI DP ini adalah rilis berita yang dapat diposting ulang, atau dikutip sebagian atau keseluruhan.


**Untuk pertanggung-jawaban etika jurnalisme, setiap media yang memposting atau mengutip sebagian atau keseluruhan, dapat melakukan pendalaman dan pengembangan berita lebih lanjut, yang bukan merupakan bagian dari tanggung-jawab sebagaimana yang ada dalam artikel ini.