Usai Bertemu Guru Besar, Wali Kota Makassar Ajak Mahasiswa dan Dokter Muda Jadi Relawan Penanganan COVID-19

 Pemkot Makassar

Terkini.id, Makassar – Wali Kota Makassar Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mengajak para mahasiswa dan Dokter Muda, baik Sarjana Kedokteran dari 4 universitas di Kota Makassar yang memiliki Fakultas Kedokteran, untuk turut berpartisipasi dalam misi pencegahan atau penanganan penyebaran Covid-19 di kota Makassar. 

Usulan orang nomor satu di Makassar ini disampaikan usai melakukan pertemuan virtual bersama para Guru Besar Ilmu Kedokteran, Guru Besar Ilmu Kesehatan Masyarakat, dan kalangan Profesi Dokter se-Kota Makassar. 

“Kami masih membutuhkan sekitar 500 orang, baik itu sebagai laboran (tenaga laboratorium) atau surveilans untuk bergabung di tim Covid Hunter, untuk menerima laporan hasil tracing yang terkonfirmasi perharinya,” ungkap Danny, Sabtu 17 Juli 2021.

Dalam pertemuan virtual yang juga diikuti Dekan FK Unhas Prof dr. Budu Sp.M, Wakil Dekan III Dr Firdaus Hamid, dan Ketua KKN Profesi Kesehatan Angkatan 60 Dr Irwin Aras, Danny berharap pada para mahasiswa KKN untuk turut serta berkontribusi dalam perjuangan memutus mata rantai penyebaran Covid-19, termasuk dengan ikut menyukseskan Program Makassar Recover yang tengah berjalan saat ini. 

“Saya juga telah menugaskan Kepala Dinas Kesehatan yakni dr Andi Iriani Khadijah untuk berkunjung di kampus-kampus yang memiliki Fakultas Kedokteran, guna mendengar sumbang saran dari para ahli untuk bersama-sama menangani pandemi,” bebernya.

Diketahui, sebelumnya Danny telah menambah peran dan tugas  Satgas Detektor Program Makassar Recovery (MR) dari tugas skrining massal menjadi Duta Vaksinasi dan Duta Masker di seluruh RT se-Kota Makassar.

Penambahan peran Satgas Detektor ini dilakukan Danny, usai berkonsultasi dengan para guru besar ilmu kedokteran, guru besar ilmu kesehatan masyarakat, dan para dokter ahli, dalam pertemuan virtual sehari sebelumnya. 

Selain itu, Danny bersama wakilnya, Fatmawati Rusdi juga telah bersinergi dengan Kementerian Perhubungan dan PT Pelni, untuk menyiapkan program isolasi apung terpadu dengan menggunakan armada KM Umsini milik PT Pelni.

Daya tampung KM Umsini diperkirakan bisa menampung sekitar 900-an warganya yang terkonfirmasi positif Covid-19 tak bergejala (asimptomatik), untuk mengikuti program isolasi apung terpadu Makassar Recover.

Sumber;https://makassar.terkini.id/usai-bertemu-guru-besar-wali-kota-makassar-ajak-mahasiswa-dan-dokter-muda-jadi-relawan-penanganan-covid-19/2/

Akses: 17 Juli 2021

Berikan Komentarmu

Previous Post Next Post

*Artikel berita yang diposting oleh Skuadron Team EKSPEDISI DP ini adalah rilis berita yang dapat diposting ulang, atau dikutip sebagian atau keseluruhan.


**Untuk pertanggung-jawaban etika jurnalisme, setiap media yang memposting atau mengutip sebagian atau keseluruhan, dapat melakukan pendalaman dan pengembangan berita lebih lanjut, yang bukan merupakan bagian dari tanggung-jawab sebagaimana yang ada dalam artikel ini.