Terapkan PPKM Level 4, Pemkot Makassar Siap Bagikan 100 Ribu Paket Bansos ke Warga Kategori Kurang Mampu

 


SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar akan menyalurkan 100 ribu paket bantuan sosial (Bansos) selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, pada warga Kota Makassar yang terdampak. Makassar termasuk dari 45 daerah kabupaten/kota yang diharuskan menerapkan PPKM level 4, sesuai kebijakan pemerintah pusat yang berlaku hingga 2 Agustus mendatang.

Menurut Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto, konsekuensi dari kebijakan PPKM level 4 ini pasti berdampak pada warganya, khususnya warga kategori kurang mampu.

“Kalau data warga kurang mampu di Kota Makassar dari Dinas Sosial, ada 66 ribu orang, tapi pasti yang terdampak ini lebih banyak lagi, minggu kita siapkan sekitar 100 ribu paket,” ujar Danny dalam keterangannya, Senin (26/7/2021).

Kebijakan penyaluran paket bansos ini, lanjut Danny, sesuai Intruksi Mendagri Tito Karnavian No 21 Tahun 2021 tentang Penyediaan dan Percepatan Penyaluran Bantuan Sosial dan/atau Jaring Pengaman Sosial yang bersumber dari APBD.

Sebelumnya pula, Danny juga mengikuti rapat virtual bersama Menko Perekonomian Airlangga Hartarto selaku penanggung jawab penerapan PPKM level 4 di luar Jawa/Bali, terkait arahan dari pemerintah pusat pada daerah-daerah yang menerapkan PPKM level 4.

Penyaluran bansos ini nantinya akan dilakukan oleh Satgas Raika dan Satgas Detektor ke wilayah pemukiman warga yang telah didata. Selain membagikan paket bansos, tim Detektor juga akan melakukan sosialisasi penerapan protokol kesehatan yang ketat, guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Dalam pengetatan ini dibutuhkan kesabaran, saya kira pemerintah pusat, Pemprov dan Pemkot juga mengalami kesulitan dengan mengeluarkan keputusan sulit di suasana sulit seperti ini. Suka atau tidak suka harus dilakukan, anggaplah seperti obat di masa pandemi, tanpa kedisiplinan tidak bakal ada kemajuan untuk menuju zona pemulihan untuk mengakhiri pandemi,” pungkas Wali Kota Makassar dua periode ini.(*)

Sumber: https://suaracelebes.com/26/07/2021/terapkan-ppkm-level-4-pemkot-makassar-siap-bagikan-100-ribu-paket-bansos-ke-warga-kategori-kurang-mampu/

Akses: 26 Juli 2021

Berikan Komentarmu

Previous Post Next Post

*Artikel berita yang diposting oleh Skuadron Team EKSPEDISI DP ini adalah rilis berita yang dapat diposting ulang, atau dikutip sebagian atau keseluruhan.


**Untuk pertanggung-jawaban etika jurnalisme, setiap media yang memposting atau mengutip sebagian atau keseluruhan, dapat melakukan pendalaman dan pengembangan berita lebih lanjut, yang bukan merupakan bagian dari tanggung-jawab sebagaimana yang ada dalam artikel ini.