Dinkes Makassar Latih Tenaga Layanan GeNose C19 untuk 153 Kelurahan

 

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.CO – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar menggelar pelatihan untuk tenaga layanan GeNose C19 di Hotel Four Point by Sheraton, Senin (28/6).

Layanan GeNose C19 ini akan dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar pada tingkat kelurahan. Itu dilakukan untuk screening Covid-19 kepada warga.

Plt Kadis Kesehatan Makassar, Andi Hadijah Iriani mengatakan mereka yang yang diberi bimtek pengunaan alat GeNose C19 ini adalah tim satgas Detektor Makassar Recover yang bertugas di Kelurahan. Di mana, setiap Kelurahan akan ada alat GeNonse.

“Setiap alat GeNose C19 disiapkan dua orang SDM, satu dari kelurahan satu dari puskesmas. Jadi jumlah yang dilibatkan sebanyak 306 di 153 kelurahan,” kata Andi Hadijah Iriani.

Untuk memantapkan pengunaan alat GeNose C19, sambung Iriani–sapaan akrabnya, Dinkes Kota Makassar akan kembali melakukan bimbingan teknis satu kali lagi.

“Saya lihat mereka cepat paham pengunaan alat ini dan sudah tahu cara pengambilan napas dalam kantong. Tapi agar lebih mantap lagi, kami akan lakukan bimtek satu kali lagi,” ucapnya.

Iriani menjelakan, pihaknya akan melakukan skrining secara massal disetiap kelurahan mulai 1 Juli 2021 mendatang. Tujuannya, untuk mencegah penyebaran covid.

Menurut Iriani, alat GeNose C19 hanya melakukan skrining, ini merupakan tindakan awal yang dilakukan di kelurahan. Tindakan ini menentukan langkah selanjutnya, apakah pasien harus segera dirujuk ke rumah sakit atau hanya di rumah. tapi untuk memestikannya mendeteksi virus covidnya dilakukan tes PCR.

“Alat GeNose C19 hanya melakukan skrining awal. Tindakan selanjutnya untuk memastikan Covid kembali dilakukan tes PCR,” Jelas Iriani.

Lalu bagaimana dengan kesiapan pemerintan kota Makassar jika screening massa dilakukan, karena temuan tracking yang terjangkit covid akan meningkat. “Kita sudah siap semuanya, mulai dari peralatan tenaga medis dan ruang isolasi di rumah sakit dan beberapa tempat kami sudah persiapkan,” ujarnya.

Ia berharap masyarakat kota Makassar turut berpartisipasi mengecah penyebaran covid ini dengan mematuhi protokol kesehatan. “Tentunya ini perlu dukungan dan partisipasi semua pihak mengecah penyebaran covid ini dengan mematuhi protokol kesehatan. Ini yang sangat penting,” harapnya.

Untuk di ketahui GeNose merupakan alat deteksi Covid-19 hasil pengembangan para peneliti UGM ini memiliki kemampuan mendeteksi virus Covid19 dalam tubuh manusia dalam waktu cepat, setidakya dibutuhkan waktu kurang dari 3 menit hasil untuk dapat mengetahui hasil tes positif atau negative Covid19.

GeNose C19 secara resmi telah mendapatkan izin edar dari Kementerian Kesehatan RI (KEMENKES RI AKD 20401022883). (*)

Sumber:https://rakyatsulsel.co/2021/06/28/dinkes-makassar-latih-tenaga-layanan-genose-c19-untuk-153-kelurahan/

Akses: 28 Juni 2021

Berikan Komentarmu

Previous Post Next Post

*Artikel berita yang diposting oleh Skuadron Team EKSPEDISI DP ini adalah rilis berita yang dapat diposting ulang, atau dikutip sebagian atau keseluruhan.


**Untuk pertanggung-jawaban etika jurnalisme, setiap media yang memposting atau mengutip sebagian atau keseluruhan, dapat melakukan pendalaman dan pengembangan berita lebih lanjut, yang bukan merupakan bagian dari tanggung-jawab sebagaimana yang ada dalam artikel ini.