Semangat Juang Diponegoro Insipirasi ADAMA Rebut Kemenangan Rakyat 2020

 


MAKASSAR -- Calon Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto kembali menyambangi Kecamatan Wajo untuk menggelar kampanye dialogis. Dalam kesempatan itu Danny menyempatkan waktu berziarah ke makam pahlawan nasional, Pangerang Diponegoro, Minggu (25/10/2020)


"Kami datang kesini karena kita tau disini adalah makam pahlawan nasional Pangerang Dipenogoro," ujar Danny saat bersilaturahmi dengan rumpun keluarga Pangerang Diponegoro, di bilangan Jalan Diponegoro, Kelurahan Melayu, pagi tadi.


Turun dari mobil, mengenakan kopiah hitam, dibalut kemeja berwarna orange, seragam khas ADAMA, rumpun keturunan/keluarga besar Pangeran Diponegoro menyambut paslon nomor 1 dengan antusias, diliputi suasana kekeluargaan. 


Danny mengatakan, nilai dan cita-cita luhur pangeran Diponegoro kepada bangsa Indonesia tidak boleh padam. Semangat dan keberaniannya hari ini menjadi inspirasi untuk perjuangan ADAMA mengarungi Pilkada Makassar.


"Sebab penjajahan tidak hanya di masa lampau. Tapi penjajahan selalu saja punya tempat dan potensi, solusinya adalah berjuang. Satu kata, lawan," pungkas Danny. 

Danny mengisahkan, bahwa watak para penjajah di masa lalu adalah mengadu domba, menginvasi, mengintimidasi, menindas dan merampas hak rakyat.


Olehnya, generasi pelanjut tidak boleh lengah dan lemah, terus bergerak melawan segala hal yang membelenggu, melawan segala bentuk penindasan, baik itu permainan hukum, hoax, yang menjadi musuh bersama bangsa ini. 


"Gerakan kita hari ini adalah gerakan mengisi kemerdekaan. Kita harus paham betul makna kemerdekaan itu. Nah merekalah inspirasi kita, para pahlawan nasional yang rela mengorbankan jiwa dan raganya demi NKRI," serunya.


Danny menambahkan, ziarah ke makam para raja adalah sebuah bentuk penghormatan, menjadi tempat perenungan untuk penguatan perjuangan di masa depan.


"Perjuangan hari ini untuk Pilkada Makassar hanya sebagian kecil dari apa yang beliau-beliau harapkan. Insya allah harapan dan cita-cita beliau akan kita wujudkan di 2020," tegas Danny diserta teriakan 'ADAMA, TUNGGUMA bersahut-sahutan. 


Sementara, salah satu kerabat turunan Pengerang Diponegoro, Raden Hamzah Diponegoro, mengemukakan, bahwa pilkada Makassar adalah momen mencari satu dari sekian banyak pilihan masa depan. 


"Kami harapkan pemenang Pilkada ini menghasilkan hal-hal yang dapat melanjutkan kebaikan. Utamanya pengembangan nilai-nilai nasionalis, peduli pada pelestarian budaya, utamanya program pemeliharaan situs sejarah makam Pangerang Diponegoro di Makassar," kuncinya. (*)

Berikan Komentarmu

Previous Post Next Post

*Artikel berita yang diposting oleh Skuadron Team EKSPEDISI DP ini adalah rilis berita yang dapat diposting ulang, atau dikutip sebagian atau keseluruhan.


**Untuk pertanggung-jawaban etika jurnalisme, setiap media yang memposting atau mengutip sebagian atau keseluruhan, dapat melakukan pendalaman dan pengembangan berita lebih lanjut, yang bukan merupakan bagian dari tanggung-jawab sebagaimana yang ada dalam artikel ini.