Benahi Lorong Jadi Indah, Jadikan Makassar Kota Dunia



JAKARTA– Pada saat baru dilantik pada tanggal 8 Mei 2014, Wali Kota Makassar Ir H Mohammad Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) mengaku dirinya melihat banyak persoalan yang harus segera ditanganinya.

Danny Pomanto yang sebelumnya berlatar belakang seorang arsitek dan mantan mahasiswa jurusan arsitektur di Makassar, berusaha menjawab segala persoalan tersebut. “Sebagai pemimpin maka punya tangung jawab. Penguasaan pemerintahan diperlukan dalam hal ini. Nah, melalui hasil riset, kami menghasilkan visi Kota Makassar, yakni menjadikan Makassar kota dunia. Kota dunia menyangkut pelayanan publik. Kota nyaman terkait kenyamanan, nasib masyarakat antar ras, golongan, dan umur,” kata Danny Pomanto saat memaparkan visi, misi dan pencapaiannya dalam Program Indonesia Visionary Leader Tahap 2 yang di gelar di Auditorium Gedung Sindo, Jakarta, Rabu (24/1).

Misi pertama yang dilakukan Danny yakni melakukan perubahan wajah Kota Makassar. Danny merekonstruksi Makassar dengan menggunakan standar World Bank. Yakni, merestorasi tata ruang Makassar untuk menjadi kelas nyaman dunia. “Saya berusaha menjadikan Makassar menjadi kota nyaman, jadi kami bisa tinggal di suatu titik dan semua dapat terlayani dengan baik,” kata pria kelahiran di Makassar, Sulawesi Selatan, 30 Januari 1964. Selanjutnya, Danny, meluncurkan program 100 Inovasi untuk Makassar. Dia secara progresif mendorong perbaikan di semua aspek kehidupan agar jadi lebih baik 2 kali lipat dari sebelumnya. Caranya yaitu dengan memicu focusing program di 50 satuan kerja perangkat daerah (SKPD) untuk berinovasi.

“Bagaimana cara menemukan inovasi? Seluruh SKPD mencari isu. Selanjutnya mengkoding isu, lalu cari solusinya untuk terlibat. Nah dari beragam diskusi akan menemukan inovasi,” kata Danny. Inovasi menjadi branding yang diusung Danny dalam menjalankan roda pemerintahan. Setelah menemukan inovasi, selanjutnya Danny menindaklanjuti dengan menerapkan aplikasi untuk mempermudah pelayanan bagi masyarakat. Dari aplikasi inilah selanjutnya Pemkot Makassar mempunyai big data berisi real time kesehatan, real time kondisi rumah sakit (RS), dan real time pemadam kebakaran. Selain itu, Danny juga membuat platform bernama Sombere, berisi budaya khas Makassar.

Lalu ada layanan homecare, berupa telemedicine dengan nomor telepon 112, layanan gratis ambulans. Bahkan apabila ada warga terindikasi penyakit jantung maka bisa menggunakan tele-EKG. “Selama tahun 2016, sudah di la kukan 600 homevisit dengan 48 armada. Semua pelayanan publik ini ter data di 112,” ujar Danny. Danny memastikan bahwa orang Makassar yang tinggal dan hidup di Makassar pasti mencintai Makassar. Orang Makassar bersifat independen, plural dan nasionalis. Dari seluruh penduduk Kota Makassar yang berjumlah 1,6 juta warga, semuanya memiliki sense of belonging tinggi. “Ada rasa malu kalau tidak berbuat baik,” ujar Danny. 

Menurut Danny, dalam men-drive masyarakat agar mau berubah ke arah yang lebih baik, caranya adlah dengan melakukan komunikasi simpatik. Yakni, mengajak masyarakat agar bisa ikut berpartisipasi dan berinisiasi dalam melakukan bermacam inovasi yang bermanfaat bagi lingkungannya sendiri. Salah satu contohnya adalah mengubah lorong-lorong di Kota Makassar menjadi kawasan yang lebih ramah, indah dan menarik. Masyarakat diajak terlibat menanam cabai di pinggiran lorong-lorong. Ahli tanaman cabainya di ambil dari kampus yang kemudian men-tranining warga di lorong. Kemudian warga diajak memperindah lorong dengan mengecat mewarnai dinding dan lantai lorong-lorong. 

Dalam program membenahi lorong ini, pemerintah, lembaga swadaya masyarakat (LSM), dan warga setempat juga terlibat. Hasilnya tercipta Makassar Lorong Garden, Lorong Sehat, Lorong Keluarga Berencana (KB), Golo Rong yakni sepak - bola di lorong (tanpa lapangan rumput), Badan Usaha Lorong, Singara’na Lo rong Ta, hingga Aparong (apartemen lorong). “Bagi saya, filosofi membangun Makassar sama dengan membenahi pemerintahan dengan brain, membenahi rakyat sama dengan membenahi sel. Lorong adalah city sell. Jadi dengan membenahi city sellberarti bisa meningkatkan kehidupan warga,” pungkas Danny.

Sumber: http://koran-sindo.com/page/news/2018-02-13/0/3/Benahi_Lorong_Jadi_Indah_Jadikan_Makassar_Kota_Dunia

Update : 13-2-2018 Pukul 15:11 Wita

Berikan Komentarmu

Previous Post Next Post

*Artikel berita yang diposting oleh Skuadron Team EKSPEDISI DP ini adalah rilis berita yang dapat diposting ulang, atau dikutip sebagian atau keseluruhan.


**Untuk pertanggung-jawaban etika jurnalisme, setiap media yang memposting atau mengutip sebagian atau keseluruhan, dapat melakukan pendalaman dan pengembangan berita lebih lanjut, yang bukan merupakan bagian dari tanggung-jawab sebagaimana yang ada dalam artikel ini.